Belajar Unity untuk Pemula - Asset

Tags


Asset secara sederhana bisa dianggap sebagai segala file yang bisa dimasukkan ke dalam project Unity.

Script yang dipasang di game object memiliki wujud file-nya.

Begitu pula material, texture, dan lain sebagainya.

Ada asset yang bisa dibuat dengan Unity Editor seperti Animator Controller, Audio Mixer atau Render Texture.

Ada juga yang dibuat dengan tool lain.

File 3D model misalnya, dibuat dengan tool lain, Blender misalnya.

Asset dapat dimasukkan dari luar project ke dalam project Unity.

Aktivitas tersebut disebut impor.

Asset juga dapat dikeluarkan dari dalam project ke luar project Unity.

Aktivitas tersebut disebut ekspor.

Unity juga mengenal istilah package.

Package adalah suatu paket dari kumpulan file yang dikemas.

Format dari file package Unity adalah .unitypackage.

Aktivitas impor bisa bersumber dari file package dan non package.

Artinya, kita bisa mengimport file seperti wav, ogg, fbx ke dalam project Unity dan bisa juga mengimport file .unitypackage berisi file-file tadi ke dalam project Unity.

Begitu juga ekspor, bisa menghasilkan package maupun non package.

Artinya, kita bisa mengekspor kumpulan file seperti wav, ogg, fbx yang dikemas dalam bentuk .unitypackage maupun bentuk aslinya.

Mengimpor Asset Mentah

Asset mentah berarti file yang masih berwujud aslinya, seperti wav, ogg, fbx, png, jpg, dan lain-lain.

Asset mentah semacam ini bisa diimpor dengan cara melakukan drag dari Windows Explorer kemudian drop ke dalam Project Window di Unity.

Atau bisa juga dengan cara klik kanan di Project Window Unity | Import New Asset seperti gambar di bawah ini:



Import Setting

Beberapa jenis asset, seperti file texture, memiliki import setting.

Setelah asset semacam ini diimpor, maka kita bisa memilih apakah asset tersebut akan diimpor sebagai 2D Sprite, Normal Map, Lightmap dan lain-lain.

Untuk mengetahui import setting lainnya, silakan coba beberapa jenis file untuk diimpor, kemudian sorot asset tersebut di project folder, kemudian lihat di Inspector.

Mengimpor Asset Package dari Komputer Lokal

Asset package, yang formatnya .unitypackage bisa diimpor dari komputer lokal.

Caranya dengan melakukan drag dari Windows Explorer kemudian drop ke dalam Project Window di Unity.

Cara lainnya adalah dengan klik kanan di Project Window Unity | Import Package | Custom Package seperti gambar di bawah ini:


Mengimpor Standard Asset

Standard asset pada hakikatnya adalah asset package yang berformat .unitypackage.

Hanya saja, package tersebut dibuat oleh Unity dan disimpan dalam folder khusus dalam direktori peng-install-an Unity.

Anda boleh cek di <UnityInstallDir>/Editor/Standard Assets seperti gambar di bawah ini:


Bisa kita lihat bahwa di sana yang ada adalah file .unitypackage

Mengimpor Asset dari Asset Store

Kita juga bisa mengimpor asset yang didapatkan dari Asset Store.

Jika kita telah sign in, kita tinggal buka Asset Store Window di Unity.

Setelah itu, pilih asset yang diinginkan dan tekan tombol download seperti gambar di bawah ini:


Mengekspor Asset Mentah

Kita bisa mengeluarkan asset dari dalam project Unity ke luar.

Caranya adalah dengan drag dari Project Window di Unity dan drop ke Window Explorer di folder yang kita inginkan.

Dengan cara ini, file yang diekspor akan hilang dari project Unity.

Kita juga bisa memindahkannya dari satu project Unity ke project Unity yang lain dengan cara drag dari Project Window A dan drop ke Project Window B.

Kali ini, asset sumbernya tidak akan hilang karena metodenya adalah copy, bukan move.

Mengekspor Asset Package

Kita bisa mengeluarkan asset dari project Unity dalam bentuk .unitypackage tanpa menghapus sumbernya.

Hal ini berguna untuk melakukan backup project.

Caranya adalah dengan menyorot folder atau file yang akan di-backup dalam Project Window, klik kanan | Export Package seperti gambar di bawah ini:



Download File Project Ini

Agar lebih jelas, silakan download file project pertama ini.

Untuk mengimportnya ke Unity Anda, tinggal drag dari Windows Explorer ke window "Project" pada Unity.