Belajar Unity untuk Pemula - C# Script

Tags


Agar game objek dapat bertingkah sesuai dengan keinginan kita, diperlukan suatu cara untuk memprogram game objek tersebut.

Salah satu cara untuk memprogram game objek adalah dengan menggunakan c# script.

C# script adalah sebuah file teks yang diisi dengan instruksi dengan bahasa pemrograman c#.

Di sini kita tidak akan membahas secara detail tentang pemrograman dengan bahasa pemrograman c#.

Jadi, di sini tidak akan dibahas tentang class, enum, loop, if-else, dan variable.

Untuk itu, Anda disarankan untuk mepelajari sendiri detail dari pemrograman c# pada sumber lain.

Yang dibahas disini adalah beberapa hal penting tentang interaksi antara script c# dengan Unity.

Cara Membuat Script C#

Kita bisa membuat script c# dengan beberapa cara.

Cara pertama adalah dengan menggunakan Unity editor.

Pada window "Project", klik kanan | Create | C# Script.


Tergantung di folder mana kita membuatnya, script bernama "NewBehaviourScript" akan muncul di folder tersebut.

Jangan tekan apapun sebelum Anda me-rename-nya, karena setelah di-rename, akan dibuat sub-class dari Monobehaviour yang bernama sama dengan nama script-nya.


Cara kedua adalah dengan membuatnya melalui Windows Explorer.

Buka folder asset dari project Anda dengan Windows Explorer.

Selanjutnya, klik kanan | New | Text Document.


File baru akan dibuat.

Selanjutnya rename file tersebut dengan <nama_class.cs>

Kemudian tulis sendiri script Monobehaviour-nya di file tersebut.

Jadi apabila kita ingin membuat class bernama "Bola" yang merupakan Monobehaviour, rename file yang baru dibuat di Windows Explorer dengan Bola.cs.

Kemudian, isi file tersebut dengan script ini:

using System.Collections;
using System.Collections.Generic;
using UnityEngine; //Jika Monobehaviour, ini WAJIB ada.

public class Bola : MonoBehaviour
{

 // Use this for initialization
 void Start ()
    {
  
 }
 
 // Update is called once per frame
 void Update ()
    {
  
 }
}

Jika kita perhatikan, ada perbedaan nama file script di Windows Explorer dengan Unity.

Di Windows Explorer, ada ekstensi .cs di belakangnya, sedangkan di Unity tidak.

Hal ini normal, karena Unity menyembunyikan ekstensi dari file-file asset-nya.

Secara default, Windows Explorer juga menyembunykan ekstensi dari file, tapi itu bisa diubah di Folder Options.



Cara Meng-Edit Script C#

Kita bisa meng-edit script yang telah dibuat tadi dengan beberapa cara.

Cara pertama adalah dengan menggunakan Monodevelop.

Cara ini tidak memerlukan peng-install-an IDE tambahan.

Jadi, sudah disediakan secara default.

Caranya dengan memastikan terlebih dahulu bahwa script editor yang dipakai adalah Monodevelop.

Untuk memastikannya, buka menu | Edit | Preferences | External Tools.

Pastikan bahwa external script editor yang dipilih adalah Monodevelop.


Cara kedua adalah dengan menggunakan Visual Studio Community Edition.

Cara ini memerlukan peng-install-an IDE Visual Studio Community 2017 yang bisa didapatkan di:

https://www.visualstudio.com/downloads/

Install IDE tersebut, kemudian pastikan Anda memilih "Game Development with Unity".

Biasanya, setelah Visual Studio terinstall, maka external-script-editor akan memilih Visual Studio secara otomatis, tapi ada baiknya Anda pastikan terlebih dahulu dengan menuju menu | Edit | Preferences | External Tools.

Cara ketiga adalah dengan menggunakan text editor apapun.

Ya... Apapun.

Pada dasarnya, script C# adalah sebuah file text.

Unity-lah yang memandangnya secara berbeda.

Jadi, apabila kita melakukan perubahan pada script C# dengan text editor apapun, maka Unity akan memprosesnya saat kita kembali memfokuskan Window kita ke Unity Editor.